Label

Blog ini berisi mwteri pelajaran Bahasa Indonesia, Artikel di bidang Linguistik dan Sastra Indonesia, Problematika Dunia Pengajaran Sastra Indonesia dan masih banyak lagi

Minggu, 22 November 2009

Fakta dan Opini

Fakta adalah suatu hal (keadaan atau peristiwa) yang merupakan keyataan. Suatu hal disebut fakta, apabila dapat diketahui  apa, siapa, kapan,  di mana, atau berapa menganai kejadian tersebut.  Sederhananya fakta menunjuk pada benda, orang, waktu, tempat, peristiwa atau jumlah tertentu. Sedangkan opini merupakan sesuau hal (keadaan atau peristiwa) yang tidak nyata biasanya berupa pendapat, pikiran atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Yang dimaksud dengan Pendapat seseorang dalam sebuah opini adalah suatu pendapat yang keabsahan atau tingkat kebenarannya belum dapat dipastikan. Opini biasanya merujuk pada alasan atau cara, biasanya pernyataan yang mengandung opini hanya hanya bisa menjawab pertanyaan dengan kata bagaimana.

Membedakan Fakta dan Opini

Kata Kunci :

Fakta biasanya ditandai oleh hadirnya data berupa angka.

Opini ditandai dengankata-kata yang bersifat subyektif, misalnya sangat, semakin, dapat,  mungkin. Karakteristik lainnya adalah mengandung bentuk-bentuk kata sifat: baik, buruk, mudah, sukar; dan diawali kata menurut… (yang merupakan pernyataan seseorang )

Fakta dan Opini dalam Soal

Tips singkat menjawab soal

Dalam soal, kalimat fakta dan opini biasanya dihadirkan berdampingan. Untuk fakta, carilah kalimat yang berisi hal-hal yang benar-benar terjadi atau telah terjadi (terlihat dari data-data akurat yang diberikan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar